Tentang Saya

Kata Ibuku, saya lahir di Klaten pada 5 Maret 1963.  Sekolah SD,  SMP dan SMA saya tamatkan di Klaten. Masa kecilku  saya habiskan di desa kelahiranku, jauh dari kota (asli wong ndeso men). Mengenang masa kecilku itu rasanya indah sekali.   Saya akan menulis kenangan  itu pada kesempatan lain saja.   Selepas lulus SMA, aku melanjutkan belajar di Universitas Sebelas Maret  Surakarta. Entah apa alasannya waktu itu, aku masuk FKIP. Ambil jurusan Teknologi Pendidikan. Lulus dari kampus pinggir Bengawan Solo itu tahun 1987.  Untuk mengadu nasib, begitu aku lulus UNS, saya hijrah ke Jakarta.  Nekad critanya. Ternyata di Jakartapun aku juga bingung mau kerja di mana. Daripada dibilang sarjana nganggur, maka aku nyoba jadi guru SMA.  Niatnya  buat kesibukanlah. Saya mengajar di 4 SMA swasta, 2 di Jakarta Timur, 2 lagi di Jakarta Selatan.   Honornya? ya, lumayanlah.  Kalo nggak salah penghasilanku  waktu itu lebih dari 600 ribu perbulan (tahun 80-an, duit segitu saya anggap gede lo). Tapi, dasar bujangan, dengan penghasilan segitu tetap saja saya nggak punya apa-apa. Bahkan untuk selembar tikarpun. Padahal waktu itu saya masih numpang famili (maksudnya tidak ngontrak rumah). Sambil tetap ngajar saya nyoba ngelamar kerja ke sana ke mari. Sampai akhhirnya  saya diterima masuk PNS di Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom), sebuah instansi punya Depdiknas. Sebelumnya saya juga diterima PNS di BKKBN. Sempat kerja beberapa minggu di BKKBN dan kemudian saya tinggalkan ketika diterima di Pustekkom.    Singkatnya awal 90-an saya dah jadi PNS. Gaji pokok saya waktu itu 64 ribu rupiah lebih dikit. Kalaupun ditambah dapat  uang-uang lain,  totalnya nggak nyampe 200 ribu. Cuma sepertiga penghasilanku ketika jadi guru swasta. Dengan penghasilan segitu, saya berani menikah, dan tentu saja tinggal di rumah kontrakan (iya dong, mosok sudah kawin masih numpang famili).  Bahkan  setahun kemudian dengan penghasilan yang masih relatif sama, anak pertama saya lahir. Tapi, kok bisa juga hidup. Di ibu kota lagi.

Sekarang tanpa  terasa saya telah menjadi PNS lebih dari 16 tahun. Gajinya, tentu bukan 64 ribu lagi, tapi telah meningkat  berlipat-lipat  ( halah pede bener ngomongnya). Yah, sebangsa 3 jutaan-lah. Saat ini, meskipun istri tetap satu, tapi anak saya sudah tiga. Yang paling gede sudah SMA, dua adiknya masih di SMP dan SD. Sudah tinggal di rumah sendiri, meskipun rumah RSSS tipe 21 hasil cicilan BTN. Alamatnya di Vila Pamulang DF 7 no. 22 Sawangan, Depok (boleh mampir kalo mau). Lho ini ngomong apa sih, emang nulis CV begini ?!!.

Oke kembali ke riwayat hidup. Ketika kerja di Pustekkom, saya mendapat tugas belajar ke Universitas Negeri Jakarta. Jurusan yang saya ambil (lagi-lagi) Teknologi Pendidikan.   Bidang kerjaan di Pustekkom  itu seputar  pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan.  Program yang kami garap antara lain : edukasi-net, televisi edukasi, radio edukasi, jardiknas, pengembangan diklat jarak jauh, pendidikan terbuka, pelatihan pemanfaatan ICT untuk pembelajaran,  dan pengembangan multimedia pembelajaran berbasis ICT.  Dalam bidang seperti itulah  saya bekerja dan mengumpulkan pengalaman.  Bidang itu kemudian saya tekuni dan kembangkan sebagai pengabdianku pada bangsa dan negara (gagah amat, lebih tepatnya mencari nafkah buat keluarga).

Wah sampai di sini saya mulai  bingung mau nulis apa lagi.  Pinginnya mau nulis pengalaman yang agak keren  dikit. Tapi nggak punya.  Oke deh kapan-kapan saja disambung lagi.

Salam kenal.

It’s My family

67 Tanggapan

  1. Salam kenal pak,….!

  2. Oke mas Gora. Setelah kenal jangan bosen ngajari saya. Aku beruntung bisa ketemu guru handal dari Semarang. Tk

  3. semoga sukses dengan karir panjenengan….
    salam dari anak kecil yg bernama tomy…..

    http://tomyzero.wordpress.com

    tomy—————>penggemar band-band legend

  4. Salam kenal Pak. Terima kasih telah mampir ke blog saya. Tetap semangat !!!

  5. Gimana khabarnya pak katanya minggu ini ada diklat ya di cisarua. apa betul pak ….. dari BTKP retno

  6. Retno BTKP. Betul. Ada pelatihan penulisan naskah audio. Ikut kan?

  7. Salam kenal pak aristo, terima kasih sudah mampir ke blog saya, tetep semangat, jadikan hari ini lebih baik dari hari kemaren, dan hari esok lebih baik dari pada hari ini.

    sang pembelajar
    pramudyaputrautama

  8. Mas Pram , makasih juga. Saya masih belajar. Saya akan sering-sering berkunjung di blog mas Pram.Salam kenal.

  9. Trima kasih pak aristo udah mau “maen2” ke blog saya, btw gak usah malu pak nulis posting, punya saya juga gak kalah acak2an, tulis aja semua yang pak aristo suka dan pak aristo pengen,saya juga nulis apa aja,seperti unek-unek saya dan kasih komentar hal aktual yang terjadi saat ini dilihat dari sudut pandang saya, saya juga sama dengan pak aristo suka baca blog orang lain dengan tujuan belajar juga, dari nge-blog/baca blog orang lain, kita bisa tahu pendapat / pandangan orang lain pada suatu hal, seperti : Komentar saya tentang perang tarif dan lain-lain.

    Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.

    – Pramoedya Ananta Toer

    tetap semangat pak aristo, nge-blognya dan tetap berkarya

    salam

  10. btw pak aristo bikin postingan tentang pekerjaan bapak dong, mungkin dari situ ada pengalaman2 yang keren. Gak keren buat pak aristo, belum tentu gak keren buat pembaca lainnya.🙂
    bisa ajakan dengan nge-blog, diskusi dengn pembaca, pak aristo dapat suatu ide yang dapat memajukan bidang kerja pak aristo.

  11. Salam kenal…
    Terus berkarya untuk anak bangsa, smg sukses. Membaca history jaman ngajar di jkt berarti jarang lihat matahari di rumah dong Pak? Ngomong2 klo lulus TP PS UNJ 2008, bareng pak Sigit Wibowo dong. msh satu departemen beda dirjen. he he…

  12. trima kasih, Anda sudah mengunjungi blog saya.

  13. ikut mampir dan salam kenal pak ….

  14. Salam kenal pak aristo…saya dari PMPTK, pingin ngobrol banyak tentang ICT dengan Bapak……lewat mana……………

  15. salam kenal juga pak saiful. lewat milis-edukasinet di yahoo aja. Tapi jujur aja, saya gak ahli ICT lho. Tapi saya seneng, di milis itu banyak teman yang tahu ICT. Salam.

  16. salam kenal pak Aristo….

  17. keren..keren. pengalaman hidup yg keren.😀
    hehehehe
    salam kenal pak.

  18. Salam kenal Pak Arisrto. Saya guru SMP di salah satu pelosok Kalimantan. Senang bisa terdampar di blognya Bapak yang orang Pustekkom. Saya newbie di dunia blogging. Saya undang Bapak jalan-jalan ke blog jelek saya di http://suhadinet.wordpress.com

  19. @ Tumes, Yus, suhadi: makasih . salam kenal juga

  20. Selamat jumpa lagi walau di dunia maya,. Ok, Bagus, saya sudah baca Blog mas Aristo, O ya tolong link kan blog saya yang sedang saya bangun, yaitu : zamrishabib.wordpress.com.
    Disela2 waktu yang ada saya coba membangun blog karena saya baru pasang internet di rumah, tertompang salam untuk teman2 n kalau teman2 yang lain punya blog tolong dilink kan juga sept sama Mas Uwes dll
    Selamat bekerja di gedung baru semoga dengan semangat
    Wassalam
    Zamris Habib

  21. pak zamris, makasih.

  22. salam kenal pa
    makasih udah mampir…
    sering-sering ya pa =)

  23. pak aris,

    terima kasih atas kunjungannya ke blog saya.
    saya juga minta izin berkunjung ke sini ya..🙂

  24. astri, sama2. salam kenal

  25. salam kenal dari urang Banjar

  26. Selamat Datang di kota Lumpia Mas Aristo ….. selamat bergabung dengan kami di Balai Pengembangan Multimedia Semarang.

  27. didik_ws, tengkyu. Semoga saya bisa cepet menyesuaikan diri dengan teman2 BPM.

  28. Mas Aristo di Pustekkom
    Selamat ya dengan bloknya …
    Kalau ada materi Multimedia dari Pustekkom dimasukkan dong di blog anda, sehingga share ilmunya ada untuk kita di sekolahan.
    Aku udah invite di YM kok ngak di approach yaaa.
    Udah ditunggu nih..
    Saya ada di majid_smk6jkt@yahoo.com

    Kapan nih ada kegiatan dari Pustekkom, kita siap untuk bantu-bantu aja.

  29. salam kenal pak, Kalau boleh saya mau nanya vcd pembelajaran yang dibuat oleh pustekkom , diperjual belikan gak ? kalau dijual belinya dimana ?

    anton timur, vcd produk pustekkom sebenarnya tidak diperjualbelikan. tapi karena pustekkom tidak menyediakan dana penggandaan untuk sekolah-sekolah, maka ada fihak swasta yang menggadakan dan mendistribusikan ke sekolah sekolah. beaya penggadaan dan distribusi itulah yang harus dibayar sekolah kepada fihak swasta tersebut. salam kenal kembali . TK.

  30. SALAM KENAL AJA YA…DITUNGGU KUNJUNGAN BALIKNYA

  31. Pak, ada info lowongan CPNS 2008 di Pustekkom?

  32. Salam kenal, mas. Saya adik kelas mas aristo di uns teknologi pendidikan angkatan 85 sekarang tinggal di bekasi wiraswasta pendidikan & sedang kuliah S2 di UNJ.

    Mas Ichwan, wah bisa ketemu alumni juga saya rupanya. jadi S1 dan S2 kita sama ya. kapan bisa ngobrol? oke salam kenal juga . tks.

  33. Assalamualaikum. Halo, Pak? Apa kabar? Salam dari pecinta Pustekkom yang sempet terdampar di Borneo nih. Masih belum rela nih, Pak. Tapi gak apa-apa lah. Yang terpenting adalah hidup pendidikan Indonesia! Dan, bukan sekedar pengajaran. Kita sama2 membuat orang-orang Indonesia terdidik dan bukan sekedar terajar. Betul kan, Pak?

    betul betul. smoga krasan di Ponti. but, jangan lupa kawin

  34. Assalamualaikum. Kembali ke saya lagi, Pak. Ada pesan kecil dari saya. Suatu saat bapak sedang menelusuri dunia maya, bapak kunjungi dunia imajinasi kecil saya yah di http://www.ezrafaiqakirasaputra.blogspot.com. Sedikit maupun banyak, saya sedang berusaha mencintai tulisan dan aktivitas menulis. Tidak begitu banyak dan ilmiah karena sengaja saya mulai dari hal-hal kecil dalam pengalaman hidup saya. Oya, Pak. Tentang modul online, saya kunjungi materi bahasa Inggris untuk SMA dengan materi pokok tentang “The Mistery of Universe. Ada beberapa kesalahan pemilihan kata pada soal latihan Listening True or False. Mungkinkah itu salah ketik? Apakah hal itu terlewatkan oleh sang editor? Kemudian, pada soal latihan Listening berikutnya, saya tidak bisa mengerjakan soal tersebut walaupun saya sudah mengikuti instruksinya. Mungkinkah ada ketidaklengkapan fitur yang seharusnya disediakan? Mohon bapak tolong saya yang sedang haus informasi ini. Sebelumnya, saya minta maaf jika saya masih sedikit mengenal modul online ini. Terima kasih, Pak.

  35. Ternyata keren juga blog dari bapak ini!!!! Kalo ada artikel2 tentang TP atau TI kirimi ya pak biar bisa tak posting di blog-ku…trims.

    halah. keren apanya. sdh gak keurus gini. trims kunjungannya ya. siplah

  36. Tetap semangat BOS!
    Nulis ttg TP lagi donk!
    Biar bisa belajar dari pak Aristo.

    nulisnya datnyeng mas. nunggu mud. tk kunungannya.

  37. salam wa rahmah,
    apa kabar pak?

    apa betul bapak alumni HMI Solo?

    Wassalam.

    Yasser Arafat
    Ketua Bidang PA HMI SOLO

  38. Salam,
    Apa betul bapak kenal Pak Syahdirman? Jika betul, saya putra dari Pak Syahdirman.
    Wassalam.

    Benar mas. Ketika saya baru masuk di Koms FIP, beliau Ketua Umumnya, lalu Ketum Cab. Mudah2 beliau masih ingat saya. Gimana kabarnya sekarang? Sampaikan salamku buat beliau ya.

  39. Salam,
    Ya mas Aris. Ini Syahdirman. Apa kabar. Sukses Selalu.

  40. wah keren om

  41. mas aristo,
    cerita Anda sukses menjadi PNS pasti nambah kekuatan sihir terhadap banyak orang ttg imej enaknya!
    lah, orang swasta mana yang sekarang ini nggak pengin ubah status jadi PNS

    pengalaman ini kan sumber bahan tulisan Anda
    salam kenal,

    penyair ndeso

  42. salam kenal dari guru SMP di kota depok pak …, nice blog..

  43. salam kenal pak. saya mahasiswa baru di TP UNJ. mohon izin ngelink blognya ya

  44. wow.. keren juga sih pengalamannya bagi2 terus ya pak pengalamannya khan bisa jadi pembelajaran buat saya,

    keren? apanya lagi. jadi malu. tp syukurlah kalo bs jadi pembelajaran. Makasih sdh berkunjung ke sini.

  45. salam kenal pak

  46. salam kenal pak…sukses buat karirnya.

  47. Makasih atas bimbingannya semoga bermanfaat bagi anak didik saya. Bravo

  48. WAh salam kenal bapaak.. saya suka sekali melihat tulisan bapak, dan ternyata bapak alumni dari UNJ juga.. hehehhe tak jauh beda dari gedung yang sama dengan saya. Kalau boleh saya minta email bapak? Saya hendak melaksanakan suatu penelitian, dari salah satu artikel yang bapak buat, saya mohon bimbingan bapak. thanks pak🙂

  49. salam kenal pak………….

  50. Alhmadulillah, Pak Aris. Baru 1 minggu brkenalan saya sudah dpt mengakses blog dan facebook Bapak. Saya coba link dari blog ini ke blog saya. mudah2an berhasil. Kalau ada kendala nanti saya belajar lagi.
    Selamat malam!
    wassalam.

  51. Ass.Pa salam kenal dari MHS S2 UIA Campus Serang , smoga pengalaman bapa menjadi motivasi sya dlm menempuh ilmu. amiiin

  52. alhamdulillah,,,, sukses slalu pa! klo ada acara pelatihan2 untuk umum minta infonya pa!

  53. Assalamualaikum, Pak
    Saya mahasiswa UIA Serang Banten

  54. ini pak email saya musliminaja@yahoo.co.id

  55. pak dindin, pak muslimin. trimakasih kunjungannya.

  56. Ass. Pa maaf , sampai saat ini saya belum faham betul 100% cara mengisi blog , mohon petunjuk yg efisien pak …! trmksh sebelumnya…ssalam sono dari MHS UIA Campus Serang…!

  57. Salam Kenal Pak.
    Saya peserta TOT Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TIK di Pekanbaru. Terimakasih ya pak Materinya….

  58. Wah Terimakasih atas infonya ya…

  59. Salam Pak……semoga kita bisa berjumpa ketika ada waktu ke PUSTEKOM…..

  60. Salam Pak……semoga kita bisa berjumpa ketika ada waktu ke PUSTEKOM…..

  61. Tulisan2 bapak keren! Sangat menginspirasi bagi saya sebagai seorang guru. Sukses terus Pak! Salam kenal dari saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: