Harapan Baru

Hari ini, ngantor hari pertama di tahun 2009. Jujur saja, tak ada target khusus saya di tahun 2009 ini. Ngalir ajalah. Hidup nggak terprogram ya  ? Mungkin saja benar. Tapi, ya begitulah.

Untuk memulai hal yang baru dan lebih baik, sejatinya memang tidak  perlu menunggu pergantian tahun.  Kata Denzel Washington, untuk memperbarui hidup tak perlu menunggu tahun baru. “Everyday is  a new life”. Ya, setiap hari yang kita lalui merupakan hidup baru.

Benar. Tapi tak ada salahnya kita menyongsong tahun baru ini dengan semangat bak kelahiran baru (born to reborn). Ketika seorang ibu yang baru saja melahirkan, ada rasa sakit yang luar biasa menghinggapinya. Rasa sakit itu berangsur-angsur pulih, dan berganti menjadi rasa senang dan kebahagiaan yang meluap.  Kelahiran baru dapat bermakna proses menjadi manusia baru, yang berbeda dan lebih baik dari sebelumnya.  Manusia baru ini dapat berarti kebiasaan dan perilaku baru, karakter baru, dan cita-cita baru. Konteksnya dapat diperluas dalam hubungan dengan keluarga, lingkungan pekerjaan, dan juga lingkungan sosial sekitarnya.

Momentum adanya kelahiran baru ini, seyogianya dapat pula menghilangkan perilaku atau kebiasaan buruk yang mungkin saja sudah tertanam dalam diri kita selama ini (born to kill).  Jelas ada ketidaknyamanan ketika kita  mulai berangsur-angsur meninggalkan kebiasaan dan perilaku buruk tersebut. Ada rasa sakit di sana. Tapi rasa sakit itu hanyalah sesaat, dalam menuju ke arah hidup yang  lebih baik.

Ya, tahun baru dengan kelahiran baru. Sebaiknya ada perubahan- perubahan baru yang berarti dalam hidup kita di tahun baru ini  (born to change). Dengan kelahiran baru ini   diharapkan akan timbul harapan baru yang menyertainya (born to hope). Harapan baru ini nantinya akan menjadikan kita  semakin bersemangat dalam menatap hidup ini. Begitu.

So,  di 2009 ini, berharaplah yang terbaik, namun bersiaplah yang terburuk.  

2 Tanggapan

  1. Think d best, prepare the worst. Boleh juga tu pak. Tapi born to reborn tu bukannya malah terlalu revolusioner bos..??

  2. sampai maret ini, saya masih punya harapan agar kehidupan dan dunia pendidikan indonesia bisa lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: